Kamus Gratis Multi Bahasa – Kamus Arab Indonesia juga ada

30 08 2007

bismillah.jpg

Alhamdulillah akhirnya menemukan software gratisan ini. Awalnya mau nyari software kamus Indonesia – Arab yang lengkap dan gratis (maunya gratis melulu).

Setelah berselancar di google mendapatkan software ini. Nama software-nya :

Simple dictionary applications

Aplikasi ini didasari dari kamus online, tetapi bisa digunakan secara offline juga.

Jadi ceritanya begini: Aplikasi terdiri dari 2 bagian: engine dan database (istilah sendiri). Engine adalah alat bantu menampilkan kepada pengguna, sedangkan database berisi data2 kamusnya, misal: Indonesia-Arab, Indonesia-Inggris, Indonesia-Jepang, dst (banyak pokoknya).

Langsung aja cara download gratis-nya (itu kan yg ditunggu-tunggu, he he he)

1. Download engine-nya

| Link by Ziddu | dengan database 1.5MB

| Link by Kewlshare | dengan database 1.5MB

| Link by Sourceforge.net | dengan database 1.5MB

| Link dari Situs Asli | tanpa database 773KB

2. Klik di sda104.zip, download……………selesai

3. Ekstraks isinya dengan program Winzip atau Winrar

4. Akan muncul folder sda yg berisi:

folder data

folder docs

folder src

sda_c#.exe – utk yg punya program C++

sda_c.exe – utk yg punya program C

sda_delphi.exe – utk delphi (pada umumnya ini yang digunakan, double klik pada file ini)

sda_java.bat – utk dos

sda_java.jar – utk java

5. Menambahi dengan kamus lainnya, klik http://www.dicts.info

Nah didalam folder data berisi database terjemahannya (biasanya sudah ada english-french, dsb). Untuk menambahi kita butuh ngedownload lagi di situs http://www.dicts.info.

sda2.jpg

Nah disitu kita pilih bahasa yang mau kita pakai.

File hasil download ini merupakan file *.txt yang kemudian kita copy-kan ke folder data.

Oh ya…, kita juga bisa menambahi/mengedit database tersebut (diedit lewat Notepad, Microsoft Word, atau yang lain).

Satu lagi: untuk pemakaian kamus yg menggunakan huruf2 khusus (arab, jepang, cina, dll) komputer anda juga harus mendukung huruf2 tersebut (klo microsoft windows lewat controll panel – language dan regional options…anda juga harus punya CD installasi-nya).


Aksi

Information

92 responses

31 08 2007
Abu Luqman

Alhamdulillah, ana coba ya..

# Barokallohu fiikum, wa Jazakumullohu khoiron #

Wafiik barokalloh wa iyyakum

31 08 2007
Abu Farhan

Yang HP ada nggak ya…
Jazakallah Khoir

Coba yg sda_java.jar, tapi saya belum coba

1 09 2007
agorsiloku

Alhamdulillah…. asyik, mencerahkan dan bermanfaat.
sy link ya…

Silahkan

1 09 2007
Abu Aqil Al-Atsy As-Salafy

Akh, apa applikasinya mesti di install ??
afwan masih gaptek ni ??
Tp bermanfaat sekali akh.

ga perlu diinstall. Diletakkan dlm flash disk juga bisa

1 09 2007
suryadhie

Ana izin untu unduh, smoga ada manfaatnya, terutama kamus Arab Indonesinya. Insya Allah….

1 09 2007
bobby n. ariffin

wah mantap…
mudah2an bermanfaat

2 09 2007
untung77

makasih untuk infonya semoga bermanfaat untuk semuanya
mator suwon

2 09 2007
Abu Aqil Al-Atsy As-Salafy

Akh, udah ana test. Tp cara buat Atau nambahi Bahasanya gimana ? misalnya Untuk Indonesia – Arab.
Mohon Keterangannya.
Jazakallohu khoiron Katsira

Waiyyakum,
Coba dibaca langkah berikutnya di postingan tersebut

3 09 2007
dwi hadi

thanks for everything

6 09 2007
SJERI KARMA S.

olalalallalla….

7 09 2007
ahmad muhamad

Salam,Mas ini kok ga bisa ya buat nambahin Indonesia-Arab &sebaliknya,,,,tolongin deh mas pliizzz deh,ane butuh bgt..
Syukron

Lihat langkah yang ke-5 (maaf ana bahasanya kurang jelas)

17 09 2007
ridwan

ya terima kasih, saya coba….

18 09 2007
ridwan

kenapa Kamus Indonesia-Inggris untuk HP ko gak bisa

18 09 2007
tri wahyudi

assalamualaikum
ana mohon di kirim kaus bilingual ini ya , syukran
yudyoo_yes@yahoo.com

18 09 2007
tri wahyudi

assalamualaikum
ana tri wahyudi dari aceh, skarang kuliah di undip, jurusan planologi, mhn d kirim aplikasi kamus nya ya !

19 09 2007
fayz

Assalamu’alaikum Wr.wb.
mas, saya sudah download kamus sda104.zip , tp wkt sya instal file rusak geto!

22 09 2007
Syarif

Assalamu’alaikum
aku minta app kamus arab-indo, tolong kirim ke emailku
syarhay@yahoo.com
thanks.
wassalamu’alaikum

3 10 2007
Azhiq

Ass,

aku juga mau donk, tolong ya bagi mas or mba’2 yang uda punya aplikasinya aku minta tolong dengan amat dan sangat di kirimkan ke azlie_fach@yahoo.co.id

Wks,

19 10 2007
herusantoso

tolong ana diajari cara menginstalnya di komputer bagaimana atas perhatiannya ana sampaikan jazakallah khairan katsiran

3 11 2007
Eka

Yang Jepang dan Korea ada gak? Gw masih bingung cara nge Install nya….Ribet amat sih

16 11 2007
apip firmansyah

assalamu’alaikum
kaifa halukum? waana bikhoirin al hamdulillah

17 11 2007
lakon

jazaakallah

18 11 2007
maf saya ga negeti nh

kirimin yyyyyyyyy

7 12 2007
erwin

makasih mas

13 12 2007
Barma Putra

Assalamu alaikum
saya mohon program kamus bahasa indonesia arabic

9 01 2008
Diey

Makacih ya….

23 01 2008
alfa_37degree

kamus yg baik utk belajar
tapi saya masih bingung penggunaannya
saya baru belajar bahasa jepang, dan ingin tahu kosakata bahasa jepang apa saja
waktu saya coba buka “english-japanese_romaji-lite.txt” yg keluar cuma list english-japanese utk huruf A dan hanya ada 200 buah
gmn cara mengakses huruf2 lainnya (A sampai Z)
yoroshiku onegaimashu (mohon bantuannya…)
sumimasen (maaf)
syukron, arigatou gozaimasu

Masuk di controll panel – regional options – dari sana di setting agar mendukung teks2 asia atau jepang lebih khusus lagi (anda harus punya CD installer windows bila anda menggunakan windows)

23 01 2008
ginanjar

mas, aplikasinya dah aku download! tapi nanti kalau ada masalah atau aku ga bisa gunainnya aku minta bantuannya ya!

25 01 2008
Aji

Assalaamu’alaikum…
Tolong kirimin aplikasi kamus indonesia-arab buat hp donk,saya pakai hp 7610,tolong kirim ke email ini ya:
dek_stj@yahoo.co.id

sebelumnya makacih buanyaak!

wa’alaikumussalam, blm ada

29 01 2008
satmata

syukro katsir…dah memberi satu titik pembuka dari sebuah pencarian dalam luasnya samudra pengetahua…

3 02 2008
hamdan

kalau kamus multibahasa yang berbasis web, apakah ada?

maksudnya yang online? kamus ini awalnya mmg online tapi bisa dipakai ofline. Kunjungi saja situs-nya mas

4 02 2008
Rosyid

Assalamualaikum…
Afwan, pengen coba juga ya akh..
jazzakallah khoiron..

4 02 2008
Teguh

Assalamualaikum.
Alhamdulillah…
makasih banyak yach mas… kamus ini banyak manfaatnya buat saya….
semoga 4JJ1 memberikan keikhlasan dan kesabaran buat mas yang baik banget…. amiiin….

21 02 2008
BENNY

dalam sebuah hadits ada pernyataan nabi saw yg menggambarkan umat nya yang mengikuti sunahnya di akhir zaman…bagaikan sindat didalam cokak…
apakah arti kata sindat…?
dan apakah arti kata cokak…?

27 02 2008
Deny

Assalamualaikum, Wr. Wb.

alhamduliilah akhirnya ketemu juga tapi untuk bahasa jepang dan asia lainnya di instal pake cd osnya ya mas???? tararengkyu

5 03 2008
KUA Blado

Terima kasih, kami telah mendapatkan kamus gratis bahasa arab. pasti akan bermanfaat bagi ummat. Barakallahu laka, ya akh.

14 03 2008
yusuf

terimakasih, semoga amal anda di terima Allah swt.
dan semaga islam tetap exist sampai akhiru jaman

17 03 2008
ipan_poenya

makasih banyak buat kamusnya dan saya udah download bahasa2 yang saya mau tapi menurut saya kok kamusnya kurang lengkap ya?
misalnya waktu saya ketik kata2 dalam bahasa jepang tapi arti ke bahasa indonesianya sering ga ada…
sekali lagi, makasih ya buat kamus online nya…
udah ngebantu banget…

24 03 2008
Faris

Assallamu’alaikum wr.wb. salam taaruf dari jogja, jazakallah, semoga amal anda di terima Allah swt.
dan semaga islam tetap exist sampai akhiru jaman

24 03 2008
Aby

Assalumua’laikum mas apakah kamus itu bisa di pasang di hape?Plz jawab
Wa’alaikumussalam, tidak bisa mas

27 04 2008
agus

mas tolong dikirimi aplikasi kamus indonesia inggris untuk nokia 7610 , sekalian caranya ya.. matur suwun

30 04 2008
ghaniarasyid

assalm.

syukron infonya…

14 05 2008
Abu Salman

Jazakumullah Khairon…akh

19 05 2008
Abu Salman

sukron, jazakumullah khairon katsiron akh…

26 05 2008
yusup sugiyarta

terima kasih atas ijin mendownload kamus

27 05 2008
irpan hamdani

ssalamualaikum
kang blognya sangat bagus sekali

1 06 2008
Indah

sayang banget, kompi ku blm support huruf arab

24 06 2008
tresna Taopikulah

email ane: trezna_28@yahoo.com syukron katsiro

24 06 2008
phoenix_crew

Jazakallah biahsanil jaza’ ya akhii…

ini kamus keknya fleksibel banget… bisa ditambah-tambahin/dilengkapin, mengingat format databasenya .txt.

sekali lagi, jazakallah yowh ^^V

8 07 2008
Winarnedra ip

mo nanya nehh kok bahasa arab indonesia basic meaning semua sehhh??

9 07 2008
Miftahul Huda

Jazakallah!
Kamus ini sangat bermanfaat! syukran katsiran…
Mudah-mudahan antum mendapatkan pahala dari Allah karena sudah memudahkan orang untuk menuntut ilmu
Jazakallahu Khairan Katsira…

16 07 2008
Nando

Assalamaualaikum
Saya sudah install kamus arab indonesia..tapi kok bahasa arabnya jadi “???” (tanda-tanya) kenapa yah.. saya pakai windows vista.. apakah ada yang salah?? mohon petunjuknya..Terimakasih sebelumnya
Wassalamualaikum

Wa’alaikumussalam,
Mungkin fungsi asia text-nya blm diaktifkan, Klo di XP control panel di bagian regions. Klo vista blm pernah pakai

3 08 2008
Soni

terima kasih….

21 08 2008
mastovick

Assalamu’alaikum
Matur suwun …
Semoga terus berkembang

21 08 2008
mastovick

maaf mas tapi tulisan arabnya jadi ????
padahal arabic nya sudah aktif
mohon bantuannya

28 08 2008
Izzarluna

Assalamu’alaikum Wr Wb..

Waahhh wah wah….
Infonya sangat bermanfaat sekali….

Trima kasih banyak atas infonya Mas, Wan or Pak…
(^o^)v

6 09 2008
cappo

Assalamu alaiukum. ada yang tau ga artinya ini-= “Allah humma inni as aluqa tahhdiy bihal qalbi watajmu bihal syamli watatdhubihal fitnati anni”

9 09 2008
mail_oboro

alhamdulillah…………… akhirnya aku dapet jugaaa… maksih massssss…….

13 09 2008
reekoheek

Alhamdulillah, ana ingin coba
syukran
salam wa rahmah🙂

2 10 2008
vira

untuk ME bisa ga mas dan ukurannya berapa bite. hardisku kan kapasitasnya sedikit,

3 10 2008
sobakasu

cip

3 10 2008
pengunjung

baarokallohufiik
jazaakallohu khair

11 10 2008
Orang PAS

Ini yang pelajar maahad mahukan.Software Kamus Arab.syukur kpd allah

19 10 2008
dede

thanks ya mas..
saya coba dulu..

^_^

20 10 2008
subhan

Assalamualaikum
akhi ana minta tolong gimana aktifin translation indo->arab. ko saya cari ndak ada. Jazakallah. syukran

12 11 2008
zikri

salam……wdh muakasi buangt… kmusx….

18 11 2008
Zul sedinginan rohil

Thanks mazz kamusnya. Bagus uamiir… Udh banyak bantu akyu berbahasa arab. Apalagi tuk daerah akyu susah cari kamus yg bgicuan…

20 11 2008
abu_jaza

alhamdulillah saya udah coba, jazakallah atas infonya, saya juga mencoba menambahi content kamusnya(yang di notepad) agar teman-teman saya bisa menggunakannya, pinginnya sih biar conten kamusku luengkap

21 11 2008
KANG ASEP

HAtur nuhun pisan mudah2an barokah jamilah

8 12 2008
yua

thanx’s, i can learn the world!

19 12 2008
evis

Saya kepingin mendapatkan kamus b.Arab Gratis tersebut.Tapi gimana caranya?Thanks

Download software-nya, update database-nya lewat langkah2 di atas

19 12 2008
abu faisal

Assalamu’alaikum

Jazakallah Khairaan yaa akhi

Barakallahu Fik, Barakallahu Fik, Barakallahu Fik.

Rabbana Taqabbal minhu

Wassalamu’alaikum

24 12 2008
Abdul azis

As5,ma’af.saya minta tolong gimana cara mencari dan mendownload applikasi kamus b.arab,b.inggris&indonesia.makacih

wa’alaikumussalam, itu di atas mas, ikuti langkah2nya

5 01 2009
Ardhiana Y. Mustofah

asslmkm.
mf saya mau minta tolong gimana cara mencari kamus b.arab-indonesia untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). makacih.

10 01 2009
win

wahh, bagus nih.. syukran ya,,

15 01 2009
abu azka

Syukron jazakalloh, akhirnya yang sedang saya cari ada disini.

16 01 2009
alex

mas minta tolong kirimin penterjemah digital arab indonesia untuk hp yahhhhh, tapi kalau bisa yang menggunakan bahasa latin jangan yang pake tulisan arab saya nggak ngerti. kebetulan saya baru bekerja di negara arab so saya butuh sekali nih.
atas kerjasamanya terimakasih nih
sukron habibi

1 02 2009
Asep Hibban

link Kamus Bahasa Arab Versi 2.0 (terbaru) tahun 2009 http://www.ziddu.com/download/3363658/KamusBahasaArabv2.0.rar.html

3 02 2009
lontong

mantap kamusnya

10 02 2009
AGUNG SUNDOKO

Alhamdulillah, saya bersyukur bisa menambah pengetahuan berkat pertolongan Allah dengan perantara saudara.
Tiada kata yang pantas, selain doa yang terpanjat dari hati, sebagai wujud terima kasihku kepada Anda.

Semoga Allah akan membalas kebaikan Anda,

10 02 2009
AGUNG SUNDOKO

Oya, mohon bantuan bantuan kepada muslimin-muslimat yang lain,

Apabila Anda mempunyai software2x Islam, saya mau dong….???!!!!

Hub. saya di 081390877896,
agung_sun1978@yahoo.com

19 02 2009
eep

akhirnya dapat juga
coba dulu ya kaangg.
tengkiyuuuuu

23 02 2009
bangari

langsung ke tkp deh …

24 02 2009
batam

Terima kasiiih

27 02 2009
Ekal ( Ternate )

Assalamu’alaikum Wr.wb.
Kalo bisa di situs ini dimuat sebanyak2nya foto2,artikel2 tentang Palestina yg sdh diRAR dan bisa didownload oleh siapa saja. Karena Paletina sangat perlu didukung terus menerus,,,,,andaikan saya milyuner…..senjatapun akan saya kirim……
Semoga sukses dan panjang umur buat pengelolanya.

3 03 2009
Hendra Ramadhan

Thank U ya atas semuannya.

Duohaticomputer

12 03 2009
firman nandyan

syukron

12 03 2009
novi

ass..
makasih

19 03 2009
aji

alhamdulillah…. mencerdaskan orang STAINU…..He.. Heee.. Heeeeeeeeeeeee………
Ulangan dadi pada nyonto

21 03 2009
Habibgituloh

aku hanya nunut, lain kali aku mau down load yang banyak. q udah ngantuk nih………………..

23 03 2009
akbar

wah,,
keren,,
syukran,,

6 04 2009
martina sari UIN Suska Riau

ana pengen belajar bahasa arab
tapi ana pengen menggunakan kamus bahasa arab di komputer gimana cara menginstalnya ana bingung tolong kirim jawabannya ke e-mail ana syukron

Tinggalkan Balasan

